Husni Mubarrok

Hari makin sore, sebentar lagi sang surya akan tenggelam, menuju ke peraduannya. Namun pengumuman di babak final, terlihat belum menampakkan tanda akan dimulai.

Seluruh peserta terlihat sangat tegang, nampak raut muka penuh kecemasan, berharap namanya disebutkan saat juara diumumkan.

Demikian pula, dengan siswa-siswi Matsamas yang lolos ke babak final dalam perhelatan akbar MANELA MAULID FESTIVAL (M2F VI) 2020 di MAN 1 Lamongan, (Ahad, 23 Februari 2020).

Sebanyak 9 siswa-siswi terbaik Matsamas yang dinyatakan lolos final setelah menyisihkan ratusan peserta di babak sebelumnya, terlihat sangat antusias menyambut pengumuman final sang juara. Kesembilan peserta final dari Matsamas, tersebar di beberapa mata pelajaran IPA, IPS, Matematika dan PAI.

Mereka semua anak-anak hebat yang memang menjadi andalan Matsamas di setiap ajang olimpiade yang diikuti. Bahkan beberapa diantara mereka sudah kenyang dengan berbagai tropy mulai kabupaten, provinsi hingga ajang nasional. Sebut saja, Tazkia Putri Damayanti, si raja olimpiade PAI, Rizka Awaliyah Putri, gadis belia yang keren dengan IPA-nya, Moh Saif Al Atho’ spesialis juara IPS atau Muhammad Nur Majid, sang maestro rajanya Matematika.

M2F VI 2020 adalah event akbar yang diselenggarakan rutin tiap tahun oleh MAN I Lamongan. Tidak hanya lomba olimpiade akademik namun juga non akademik, seperti Pidato 3 bahasa, MTQ, Banjari, Kaligrafi dan KIR. Event ini bisa diikuti oleh seluruh siswa wakil MTS/SMP se kabupaten Lamongan, Gresik, Tuban, Bojonegoro dan Mojokerto.

Kali ini pesertanya membludak, hampir mencapai 1047 peserta. Event yang mengangkat tema “Membangun peradapan dan mengembangkan potensi generasi islam yang berlandaskan pada nilai qur’ani dan akhlakul karimah” diselenggarakan secara serentak mulai pagi hingga sore di MAN I Lamongan, Jalan Veteran No 43.

Setelah menunggu cukup lama, tibalah saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta final, yakni diumumkannya para juara dari seluruh cabang lomba mulai akademik hingga non akademik.

Dan alhamdulillah, delegasi terbaik Matsamas, akhirnya mampu meraih tropy dan menjadi sang jawaranya. Total ada 5 tropy yang mampu diraih oleh siswa-siswi terbaik Matsamas kali ini. Yaitu Juara 1 dan 2 mapel IPA atas nama Rizka Awaliyah Putri dan Sagita Audiyah A. Juara 1 mapel PAI atas nama Tazkia Putri Damayanti dan Juara Harapan I dan harapan II mapel Matematika atas nama Muhammad Nur Majid dan Dewi Fakhriyah Sari.

Selamat anak-anakku, kalian hebat luar biasa. Membanggakan sekali. Tak henti-hentinya, kalian ukir prestasi. Mengangkat nama harum Matsamas tercinta. Membahana dimana-mana. Salut untuk kalian semua.

Tetaplah santun dan rendah hati. Karena ini semua atas nikmat dan karunia-Nya. Semakin bersyukur adalah cermin pribadi mulya. Selamat dan bravo anak-anakku.

Barakallah…

Leave a Comment