Gresik – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Maskumambang kembali menggelar kegiatan akademik penting berupa sidang munaqosah skripsi bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 19 Juli 2025, bertempat di ruang kuliah STIT Maskumambang.
Sidang dimulai sejak pukul 08.30 hingga 17.30 WIB dengan melibatkan sejumlah mahasiswa yang telah menyelesaikan penulisan skripsi sebagai syarat akhir untuk meraih gelar sarjana pendidikan. Acara tersebut berjalan dengan tertib dan lancar serta dihadiri oleh para dosen pembimbing, dosen penguji, dan sejumlah sivitas akademika lainnya.
Direktur Pendidikan Tinggi Pondok Pesantren Maskumambang, Ustadz Ahmad Sholihan, S.Pd., M.Si., turut hadir dalam kegiatan ini dan memberikan tanggapannya terkait pelaksanaan sidang munaqosah tahun ini. Dalam keterangannya, beliau menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran jalannya kegiatan akademik tersebut.
“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Para mahasiswa sudah membawa bekal yang siap dalam pelaksanaan sidang kali ini,” ungkap Ustadz Ahmad.
Beliau juga mengapresiasi semangat mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir yang menandai hampir selesainya perjuangan panjang mereka dalam menempuh pendidikan di STIT Maskumambang. Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan sidang ini tidak hanya mencerminkan kesiapan mahasiswa, tetapi juga menunjukkan kerja sama yang baik antara dosen pembimbing, penguji, serta seluruh tim akademik yang terlibat.
STIT Maskumambang, sebagai bagian dari institusi pendidikan tinggi Pondok Pesantren Maskumambang, terus berkomitmen untuk mencetak lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan agama Islam. Dalam setiap tahunnya, pelaksanaan sidang munaqosah menjadi momen penting untuk menilai capaian akademik mahasiswa dan menguji kemampuan mereka dalam menyampaikan serta mempertahankan hasil penelitian ilmiah secara sistematis.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Ahmad Sholihan juga menyampaikan harapan besarnya terhadap para peserta sidang. “Kami berharap mahasiswa yang telah mengikuti sidang hari ini dapat segera menyelesaikan revisi dan menyelesaikan tahapan akhir studi dengan baik. Semoga mereka menjadi pendidik dan dai yang bermanfaat di masyarakat serta mampu membawa nilai-nilai Islam dalam kehidupan nyata,” tuturnya.
Jadwal Sidang Munaqosah Skripsi STIT Maskumambang
RUANG 01 |
||||||
NO |
PUKUL | NAMA MAHASISWA | JUDUL SKRIPSI | PENGUJI I | PENGUJI II (KETUA) | PENGUJI III |
1 |
08.30 – 09.30 WIB | Abdullah Sajid |
KONSEP PENDIDIKAN TAUHID ANAK DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 (Studi Tafsir Al-Azhar Karya Hamka) |
SEPTIA MARDIANA, M.Pd.I |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I |
Drs. H. MAHMUDI, M.Pd.I |
2 | 09.30 – 10.30 WIB | Adi Eka Putra | PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH SANTRI MSU PUTRA PONDOK
PESANTREN AL FURQON AL ISLAMI KABUPATEN GRESIK |
WELLY FIRDAUS, M.Pd. | AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si. |
Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. |
3 | 10.30 – 11.30 WIB | DWI REZKY FATHUR A. N. | PENGARUH KONTEN DAKWAH DI YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA :
STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MASKUMAMBANG |
WELLY FIRDAUS, M.Pd. | AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si. |
Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. |
ISHOMA |
||||||
4 |
12.30 – 13.30 WIB | MAULANA ADIYATAMA | PENGARUH INTERAKSI KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK DI DESA
PURWODADI |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I | AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si. | Drs. H. MAHMUDI, M.Pd.I |
5 |
13.30 – 14.30 WIB | Heri Roman Cahyadi | Konsep pendidikan akidah perspektif Syaikh shalih Al-utsaimin dan relevansinya dalam pendidikan masa kini | Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. | WELLY FIRDAUS, M.Pd. |
Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. |
6 |
14.30 – 15.30 WIB | MUHAMMAD HARIS | KONSEP TAZKIYATUN NUFUS DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PERSPEKTIF AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH | Dr. H. SYAIFUL HAFIDZ, M.Pd. | WELLY FIRDAUS, M.Pd. |
MOH. RIDLOI, M.Pd.I |
7 |
15.30 – 16.30 WIB |
WELDY HABIBUR ROHMAN |
KONSEP TAZKIYATUN NAFS PERSPEKTIF IMAM GHAZALI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA DIGITAL |
SEPTIA MARDIANA, M.Pd.I |
WELLY FIRDAUS, M.Pd. |
MOH. RIDLOI, M.Pd.I |
RUANG 02 |
||||||
NO |
PUKUL | NAMA MAHASISWA | JUDUL SKRIPSI | PENGUJI I | PENGUJI II (KETUA) |
PENGUJI III |
1 |
08.30 – 09.30 WIB | M BAYU PERMANA | EFEKTIVITAS SIRAH NABAWIYAH UNTUK MENGATASI INFERIORITY COMPLEX PADA SANTRI KELAS ALI 3 MA’HAD AL-
FURQON AL-ISLAMI GRESIK |
WELLY FIRDAUS, M.Pd. | Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. |
ROSIF, M.Pd.I |
2 |
09.30 – 10.30 WIB | Husnul Khotimah | Penerapan model joyful learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman akhlak di kelas VIII
MTs Al-Khoiriyah Dalegan |
Drs. H. MAHMUDI, M.Pd.I | Dr. H. SYAIFUL HAFIDZ, M.Pd. |
SEPTIA MARDIANA, M.Pd.I. |
3 | 10.30 – 11.30 WIB | Achmad Surya | Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak MTs Putra di Pondok Pesantren Al Furqon Al Islami Gresik | ROSIF, M.Pd.I | Dr. H. SYAIFUL HAFIDZ, M.Pd. |
Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. |
ISHOMA |
||||||
4 |
12.30 – 13.30 WIB | RIFQY ZIDANE FIRMANSYAH | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HOLISTIK BERBASIS PROYEK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X
MA YKUI MASKUMAMBANG DUKUN |
SEPTIA MARDIANA, M.Pd.I. | Dr. H. SYAIFUL HAFIDZ, M.Pd. | Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. |
5 |
13.30 – 14.30 WIB | Hafiz Rafiardi |
UPAYA PENGASUH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SANTRI BARU DI MSW PUTRA AL-FURQON AL- ISLAMI GRESIK |
MOH. RIDLOI, M.Pd.I | Drs. H. MAHMUDI, M.Pd.I |
ROSIF, M.Pd.I |
6 |
14.30 – 15.30 WIB | NUR DARMAWAN |
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S. AL-BAQARAH AYAT 286 PADA KITAB TAFSIR IMAM IBNU KATSIR |
ROSIF, M.Pd.I | Drs. H. MAHMUDI, M.Pd.I |
Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. |
7 | 15.30 – 16.30 WIB | RAIHAN RACHMANULLAH | STUDI KUALITATIF TENTANG DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP PSIKOLOGI MAHASISWA DAN
STRATEGI PENANGANANNYA DI STIT MASKUMAMBANG GRESIK |
Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. | Drs. H. MAHMUDI, M.Pd.I |
ROSIF, M.Pd.I |
RUANG 03 |
||||||
NO |
PUKUL | NAMA MAHASISWA | JUDUL SKRIPSI | PENGUJI I | PENGUJI II (KETUA) |
PENGUJI III |
1 |
08.30 – 09.30 WIB | Oki Pranoto | IMPLEMENTASI SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN SOSIAL SANTRI MSW PUTRA PONDOK PESANTREN AL-FURQON AL-ISLAMI SROWO SIDAYU GRESIK | Dr. H. SYAIFUL HAFIDZ, M.Pd. | AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si. |
MOH. RIDLOI, M.Pd.I |
2 |
09.30 – 10.30 WIB | Mohammad Iqbal A. J. | PENDIDIKAN KOGNITIF DALAM AL QUR’AN SURAH ALI IMRON AYAT 190-191 DAN PENERAPANNYA UNTUK
MENINGKATKAN KEIMANAN SISWA |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I | Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. |
ROSIF, M.Pd.I |
3 | 10.30 – 11.30 WIB | Abidatur Rosida | Implementasi Nadzom Aqidatul Awam sebagai Metode Pembelajaran Akidah di Madrasah Diniyah Nur Rohmah
Sidomulyo Babakbawo Dukun |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I | MOH. RIDLOI, M.Pd.I. |
SEPTIA MARDIANA, M.Pd.I |
ISHOMA |
||||||
4 |
12.30 – 13.30 WIB | ADITYA PURNAMA AJIE | ADAB PESERTA DIDIK PERSPEKTIF SYAIKH BAKR ABU ZAID DALAM KITAB HILYAH THALIB AL-‘ILMI SERTA
RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA |
Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. | WELLY FIRDAUS, M.Pd. | MOH. RIDLOI, M.Pd.I |
5 |
13.30 – 14.30 WIB | Mohammad Muiz Setiawan | Penerapan Metode Sabak, Sabki, dan Manzil dalam Meningkatkan Prestasi Hafalan Al-Quran Santri Pondok Pesantren
Ibnu Abbas Bojonegoro |
Dr. H. SYAIFUL HAFIDZ, M.Pd. | AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si. |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I |
6 |
14.30 – 15.30 WIB | Muhammad Bahrul Amieq | Analisis kesesuaian buku ajar Akidah akhlak kelas 7 madrasah Tsanawiyah dengan kurikulum merdeka pada madrasah | Dr. ALI ROSYIDI, M.Pd. | AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si. |
SEPTIA MARDIANA, M.Pd.I |
7 |
15.30 – 16.30 WIB | ISLAM ABDUL ROSID | ADAB BELAJAR SISWA MENURUT IMAM IBNU JAMAAH DALAM KITAB TADZKIROTUS SAAMI WAL MUTAKALLIM DAN
RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM SAAT INI |
AHMAD SHOLIHAN, S.Pd., M.Si | Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I |
8 | 16.30 – 17.30 WIB | Muhammad Iqbal Firdaus | Konsep pendidikan Aqidah Tauhid prespektif Mohammad bin Abdul Wahhab dan implementasinya dalam pendidikan
Islam di madrasah |
ROSIF, M.Pd.I | Drs. NAF’AN ABU MANSUR, M.Pd. |
ABD. KHALIQ, M.Pd.I |
Dengan pelaksanaan sidang yang berjalan lancar, STIT Maskumambang semakin meneguhkan posisinya sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang serius dalam membina dan mengembangkan potensi akademik mahasiswa. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen dalam menjaga mutu lulusan yang tidak hanya kompeten secara intelektual, tetapi juga kuat secara spiritual.