Sehari Bersama TNI

09 Feb
0 comment

Luar biasa. Dahsyat nan menggelora. Sekitar 30 Anggota TNI AD KODIM 0817 Gresik, tumplek blek, membaur dengan seluruh siswa dan guru di lingkungan Pondok Pesantren Maskumambang, Dukun Gresik. Iya, tepat dihari Rabu, 31 Januari 2018, mulai pukul 07.00 hingga 12.00, PP Maskumambang Dukun Gresik kedatangan anggota TNI AD KODIM 0817 Gresik.

Ada apa mereka ke Maskumambang?. Iya, mereka ke Maskumambang, dalam rangka karya bakti bersama santri sebagai perwujudan bahwa mereka pun bisa menunaikan tugas, membaur bersama rakyat. Image, ABRI, sebagai bagian dari institusi negara, yang tegas, keras, menakutkan dan disiplin harus coba dihilangkan dan dirubah paradigmanya. Sehingga rakyat, tak merasa takut jika harus berinteraksi dan berhadapan dengan mereka.

Sehari TNI besama santri di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik, telah menunjukkan kepada kita semua, bahwa ABRI dan rakyat bisa bersatu, bersinergi dalam bingkai kerjasama, gotong-royong, bahu-membahu dalam menunaikan tugas dan pengabdiannya ditengah-tengah masyarakat.

Ada tiga kegiatan pokok yang dilaksanakan selama sehari di Pondok Pesantren Maskumambang itu. Dari mulai seminar tentang wawasan kebangsaan kepada siswa, kerjabakti dan gotong-royong membersihkan halaman, pagar dan pengecatan hingga pertandingan persahabatan bidang olahraga yang diikuti anggota TNI bersama dewan guru. Woow, sungguh luar biasa.

Sebelum kegiatan pokok itu dimulai, seluruh siswa, guru, karyawan, pimpinan yayasan bersama TNI mengelar acara apel pagi dalam rangka acara seremoni pembukaan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah KASDIM 0817 Gresik, Mayor INF Sampak.

Dalam sambutanya, ia menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka perwujudan dedikasi sebagai perwujudan karya bakti, bekerja bersama, bahu-membahu dan bergotong-royong bersama rakyat. Di akhir sambutannya, beliau menegaskan, bahwa “Jika TNI bersama rakyat, maka rakyat akan kuat. Jika TNI kuat, maka negeri berdaulat” Subhanallah, luar biasa, sebuah pesan singkat, penuh semangat yang mengelorakan jiwa. Setelah sambutan dari Mayor INF Sampak, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pemangku Pondok Pesantren Maskumambang, Bapak Drs. KH Fatihuddin Munawwir, M.Ag. Dalam pidatonya, beliau menyambut dengan hangat kedatangan anggota TNI itu. Menurut Bapak Kyai, Pondok Maskumambang sudah lama bersahabat dengan ABRI, sejak era perjuangan tempo dulu, maka jangan heran, jika TNI kembali ke sini bersama kita dalam rangka karya baktinya, bekerja dan membaur bersama-sama, terlebih bersama para santri kita semuanya.

Setelah apel pagi selesai, acarapun dilanjutkan dengan berbagai kegiatan. Seluruh santri terbagi dalam tiga agenda, diantaranya ada kelompok santri yang mengikuti kegiatan seminar tentang wawasan kebangsaan dengan tema “Mempertahankan ideologi pancasila melalui bela negara untuk menjaga keutuhan NKRI”, kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas akhir di setiap jenjang pendidikan, mulai dari jenjang MTs hingga MA dan SMK 1. Sementara siswa yang lain, mengikuti kegiatan bersih-bersih, pengecetan dibeberapa titik, seperti pagar Masjid, kamar kecil dan sebagainya. Ada pula kelompok, yang menjadi suporter bagi ustadz-ustadznya yang sedang bertanding melawan tim dari TNI. Woow keren. Ingin tahu lomba apa saja?, Iya, selain Futsal, ada beberapa perlombaan yang dilakukan, diantaranya Bola Volly, Tenis Meja dan Bulutangkis.

Sungguh, sebuah pemandangan yang menarik, melihat santri dan ustadz baur-membaur bersama TNI. Tak ada ketakutan, dan kecemasan terlihat dari wajah para santri. Justru, yang ada sebuah kedekatan, dan keakraban yang terbalut kerjasama, gotong-royong penuh keindahan.

Selamat untuk Pondok Pesantren Maskumambang, karena telah menyambut kedatangan TNI dengan karya baktinya, semoga kunjungan ini membawa keberkahan dan kebermanfaatan bagi kita semua.

Bersama Rakyat TNI Kuat. TNI Kuat Negeri Berdaulat

Leave your thought