MATSAMAS, Sekolah Pinggiran yang Sukses Gelar Event Regional

oleh Husni Mubarrok

Ahad, 27 Januari 2019 adalah hari yang cukup melelahkan sekaligus membahagiakan bagi seluruh warga MTS YKUI Maskumambang Dukun Gresik. Betapa tidak, hampir 500 pelajar terbaik SD/MI, utusan dari masing-masing sekolah dari berbagai daerah di penjuru Jawa Timur tumplek blek memadati sekaligus menghadiri kegiatan MATSAMAS FEST#10 di komplek Pondok Pesantren Maskumambang Dukun Gresik.

MATSAMAS FEST#10 adalah ajang tahunan olimpiade. Kali ini mengangkat tema “The Power Of Young Generation.” Alhamdulillah, penyelenggaraan event di tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lebih beragam dalam mengakomodir potensi siswa, sebab tidak hanya dari aspek akademik saja namun juga non akademik diramu di ajang kompetisi ini.

Ya, ada tambahan jenis lomba dalam event kali ini, yakni pidato bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

“Untuk mapel olimpiade yang dilombakan tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Cuma ada sedikit tambahan lomba pidato yaitu pidato bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Indonesia agar makin meriah dan menjangkau potensi non akademik siswa dalam hal kemampuan berpidatonya." Tutur Ustadz Andi Purnomo, S.S selaku ketua panitia menjelaskan.

Acara yang dibuka tepat pukul 08.00 WIB oleh Bapak KH Fatihuddin Munawir, M.Ag selaku pimpinan Pondok Pesantren Maskumambang ini dilangsungkan cukup meria di Aula Putra dengan dihadiri oleh seluruh peserta, dan guru pendampingnya.

Nampak, para peserta antusias dengan wajah penuh semangat saat acara pembukaan dilangsungkan. Sepertinya para peserta sudah tidak sabar lagi untuk memulai perlombaan. Wah..wah, semangat sekali ya..!

Dan tepat pukul 09.00 WIB, babak penyisihan pun dimulai. Peserta mengerjakan 50 butir soal pilihan ganda dengan alokasi waktu 90 menit yang disediakan panitia. Sementara untuk lomba pidato, pesertanya dibatasi hanya maksimal 20 peserta untuk masing-masing jenis lomba (pidato bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia).

Sungguh menyenangkan sekaligus bangga. Betapa MTs YKUI Maskumambang Dukun Gresik mampu menyelenggarakan event ini dengan sangat sukses. Iya, meski berada di sekolah pinggiran, namun faktanya mampu menyelenggarakan event besar, berskala Jawa Timur. Terlebih dilakukan secara mandiri. Tentu saja, membutuhkan dana yang lumayan besar.

Memangnya, MTs YKUI Maskumambang Dukun Gresik sekolah mahal sehingga mampu menyelenggarakan event ini secara mandiri?. Tentu saja tidak! Matsamas bukan sekolah mahal. Apalagi dengan biaya pendidikan yang besar. Matsamas hanyalah sekolah pinggiran. Namun, ingat! Meski sekolah pinggiran, kualitas tak mau kalah dengan perkotaan. Maka pantaslah jargon sekolah juara ditasbihkan.

Iya, Matsamas tak henti-hentinya mengukir prestasi. Dalam rentang waktu satu tahun terakhir ini, mampu meraih dan mengumpulkan banyak tropy. Iya, kurang lebih 70 tropy terbaru memadati almari tropy juara milik sekolah dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Semangat sekolah juara inilah yang terus dikembangkan dan ditularkan agar terbangun lembaga-lembaga pendidikan lainnya yang saling berkompetisi dalam kemajuan.

Semakin banyak generasi yang hebat dengan kualitas yang dahsyat. Tentu saja adalah dambaan. Inilah cita-cita yang harus diperjuangkan. Inilah cita-cita yang harus dilestarikan.

Matsamas telah membuktikan dengan berani menyelenggarakan event olimpiade berskala Jawa Timur. Dan alhamdulillah berjalan dengan sukses dan lancar.

Selamat untuk para pemenang. Selamat untuk semua partisipan dan selamat pula untuk sang juara umum "SD LUQMAN AL HAKIM SURABAYA."

Terima kasih atas seluruh partisipasinya dan semoga tahun depan bisa bersua kembali di event yang lebih menantang.

Salam Juara. Dari kami MATSAMAS, Sekolah Juara.

  • Share :

Kerjasama