Jalin Ukhuwah Lewat Rapotan

Ahad, 21 Oktober 2018 menjadi hari yang indah bagi seluruh civitas warga MTs YKUI Maskumambang Gresik. Sekitar 450 an wali santri tumplek blek memadati ruang aula dalam rangka menghadiri undangan sekolah sebelum kemudian ke kelas masing-masing dalam rangka pengambilan rapot PTS Gasal.

 

Acara yang bertajuk, forum silaturrohmi pertemuan wali murid sekaligus penerimaan rapot hasil belajar penilaian tengah semester gasal, menjadi moment spesial merajut ukhuwah antar wali murid dengan murobbi/yah dalam rangka mengawal peserta didik menjadi insan pembelajar paripurna.

 

Komunikasi itu penting, kerjasama itu harus. Sekolah harus mampu memfasilitasi terbukanya ruang-ruang komunikasi bagi seluruh civitas warga sekolah. Orangtua harus tahu program-program sekolah agar bisa menyukseskan, bekerjasama dan mengawal putra-putrinya selama di rumah. Olehkarenanya, forum silaturrohmi ini menjadi penting adanya.

 
 

 Wali kelas adalah figur orangtua bagi siswa selama di kelas, selayaknya dan semestinya ia tahu segala persoalan beserta hiruk pikuknya dan bagaimana cara mengatasinya. Peran wali kelas begitu penting. Layaknya orangtua, mereka adalah sosok teladan, pengayom, konsultan, dan pendamping bagi siswa-siswinya selama beraktivitas di sekolah.

 

Komunikasi wali kelas dengan wali murid harus bersinergi. Keduanya harus berirama, terbuka dan saling bekerjasama demi satu cita mencerdaskan anak bangsa, menjadi generasi hebat bermartabat dalam iman, ilmu dan amal.

 

Apa yang dilakukan oleh lembaga MTs YKUI Maskumambang adalah wujud bagaimana membangun pola komunikasi yang baik antara murobbi/yah dengan para orangtua siswa.

 

Acara yang dimulai, tepat pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB adalah ruang bagi kepala madrasah untuk menyampaikan beberapa kebijakan dan program sekolah. Alhamdulillah, cukup lancar acaranya. Paparan dari Direktur Pendidikan Madrasah lalu Bapak Kepala Madrasah dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, terlihat sangat antusias. Sejatinya, banyak pertanyaan yang masih berlalu lalang diantara wali murid yang hendak disampaikan. Namun mengingat waktu yang terbatas, maka pertanyaannya dibatasi. Semoga saja, audience bisa memahami.

 
  

Setelah pertemuan di aula selesai, para orangtua bergegas menuju kelas putra-putrinya masing-masing. Nampak siswa begitu antusias mendampingi orangtuanya di masing-masing kelas. Suasana syahdu terbingkai keramahtamahan terlihat dari wajah-wajah mereka.

 

Murobbi/yah memanggil satu persatu orangtua siswa beserta anaknya. Diskusi kecil mereka bertiga menjadi satu sisi pemandangan yang nampak sangat indah. Ada banyak hal yang mereka bahas, diantaranya tentang laporan dan perkembangan aktivitas siswa selama di sekolah dan di rumah melalui program MPI (Muslem Personality Insurance) dan Buku KOBINSI (Kontak Bina Siswa), prestasi akademik dan non akademik, serta berbagai laporan lainnya yang menyangkut perkembangan siswa.

 

Tentu saja, ada harapan yang ingin dicapai oleh lembaga melalui kegiatan silaturrohmi ini. Terjalinnya komunikasi dua arah yang terbuka, erat dan mesra antara wali kelas dan orangtua siswa adalah satu dari sekian tujuan mulya yang hendak dicapai.

 
 

 Selamat buat MTs YKUI Maskumambang karena acaranya sukses berjalan dengan lancar. Terima kasih pula disampaikan kepada seluruh orangtua atau wali siswa yang berkenan hadir. Semoga kerjasama, komunikasi dan hubungan yang dibangun semakin erat dan mesra dalam rangka mengawal siswa menuju keberhasilan meraih cita-citanya melalu proses pendidikan baik di sekolah maupun dirumah.

 

Selamat juga buat kalian, para siswa yang menduduki peringkat 3 besar di masing-masing kelasnya, semoga bertambah hebat berprestasinya. Bagi yang belum, tak usah berkecil hati, tetap semangat dan rajin belajar ya...semoga kedepannya bergantilah kalian yang meraihnya.

 

Oleh : Husni Mubarok

  • Share :

Kerjasama