INGIN MEMPERKUAT JURUSAN KKB, SMK MASKUMAMBANG 1 BERKUNJUNG KE PT. TERAFULK

SMK maskumambang 1 terus menjalin kerjasama dengan berbagai perusahan untuk meningkatkan kompetensi keahlian lulusannya, salah satunya adalah PT Terafulk, perusahaan  bidang desaign kapal. Kerjasama selain bertujuan meningkatan kompetensi keahlian siswa, diharapkan juga perusahan-perusahan tersebut bisa menampung lulusannya.

Jurusan yang relatif baru di SMK Maskumambang 1 adalah jurusan Teknik Konstruksi  Kapal Baja (KKB). Di Jurusan Teknik Konstruksi Kapal Baja Peserta didik dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan sebagai seorang Fitter dan Drafter. Fitter merupakan seseorang yang melakukan pekerjaan perakitan ataupun penyetelan pada sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan bahan logam. Dalam hal ini adalah bahan baja pada konstruksi kapal. Kompetensi dasar yang diberikan antara lain: Konsep dasar perkapalan, Gambar teknik, dan Dasar logam

Selanjutnya peserta didik juga  diberikan kompetensi kejuruan antara lain : Gambar konstruksi kapal baja, Gambar bukaan konstruksi kapal baja, Teknologi pembangunan konstruksi kapal baja Pengelasan, dan Pembuatan dan perakitan komponen konstruksi kapal baja.

PT Terafulk Megantara Design, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan design kapal berbasis di Surabaya, Jawa Timur, PT Terafulk Megantara Design merupakan desainer kapal yang maju. Setiap kapal direkayasa dengan perangkat lunak tercanggih dan insinyur berpengalaman sehinga terbukti dan dipercaya oleh galangan domestik dan luar negeri maupun pengguna akhir.

Produk-produk PT Terafulk Megantara Design adalah basic design, hull construction, system and outfitting, FEM Analysis, production drawing, building supervision dan 3D Visualization.

Ikut dalam kunjungan SMK Maskumambang 1 Bapak Ghoist selaku ketua Yayasan dan Bapak Rosikhun kepala SMK Maskumambang 1. Dalam sambutannya Bapak Ghoist selaku ketua Yayasan menyampaikan berterimakasih kepada PT Terafulk sudah menerima kunjungan SMK Maskumambang 1 dengan baik dan memohon pada PT Terafulk agar SMK Maskumambang 1 diberi kesempatan bekerjasama untuk mengembangkan SDM guru dan murid khususnya dibidang Konstruksi Kapal Baja

Bapak Muhammad Aziz selaku Direktur PT Terafulk dalam sambutannya ketika SMK Maskumambang 1 berkunjung mengatakan, siap membantu dan bekerjasama dengan SMK Maskumambang untuk mengembangkan SDM dibidang konstruksi Kapal Baja. (naf’an)

  • Share :

Kerjasama